Pendidikan Tak Sekedar Di Atas Kertas

Posted: 4,Des , 2010 in pendidikan

 

Alangkah  bijaknya jika pendidikan yang dilakukan benar-benar memerhatikan aspek penguasaan daripada kuantitas proses belajar. Pemahaman daripada  banyaknya hafalan di kepala. Terlebih lagi, kemampuan pengamalan atas interaksi ilmu yang didapat pada sekolah.

Akan tetapi kalau kita lihat bagaimana kondisi siswa-siswa sekrang ini, kebanyakan mereka hanya melakukan suatu proses pendidikan, tanpa mampu memosisikan diri sebagai produk pendidikan. Perilaku mereka belumlah mencerminkan bahwa mereka adalah golongan terdidik. Mereka mungkin mampu menghafal beberapa bab dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan, tetapi pada prakteknya, mereka belumlah mampu mengamalkan pelajaran tersebut dalam kesehariannya. Hal ini terbukti dengan maraknya tawuran, geng-geng, dan indisiplin siswa misalnya dalam mematuhi peraturan lalu lintas.

Komentar
  1. anang nurcahyo mengatakan:

    betul sekali. teori g banyak membantu kec dg adnya praktik konkrit..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s