WISUDA (segera mungkin)

Posted: 25,Sep , 2010 in aktifitas

Hari ini adalah hari resepsi wisuda universitas andalas yang ke sekian kalinya. Di Unand, wisuda di lakukan sebanyak 3 kali dalam setahun. Dan sekali wisuda, kira2 sekitar 8.000 wisudawan/wati dengan berbeda masa kuliahnya. Dari 13 fakultas di Unand, secara serentak dilakukan berpusat di auditorium. Tumplek blek disana wisudawan/wati plus para orang tua dan keluarga dari kampung. Kendaraan atau pengunjung yang tak biasanya berkunjung, kini memadati Unand dan sekitarnya. Alhasil, kemacetan terjadi. Baik di Unand sekitarnya, atau bahkan di pasar baru. Meski ada jalan alternatif (belakang masjid Nurul Ilmi), tetap saja  keduanya macet. Tak bisa menampung jumlah kendaraan yang melebihi kapasitasnya.

Tentu saja perasaang bungah, bahagia full untuk si wisudawan. Perasaan bahagia terpancar dengan gagahnya toga disemat.

Meski, setiap wisudawan merasakan kadar kebahagiaan yang berbeda, dengan apa yang sudah mereka dapatkan hingga resepsi. Bagi yang maksimal dan memperoleh hasil yang diangankan barangkali akan full bahagia sangat pada dirinya. Bagi yang sudah maksimal namun hasil yang didapat belum sesuai dengan yang diangankan, tentu saja akan berbeda kadar bahagianya. Terlebih yang hingga wisuda, dipaksa oleh keadaan.

Bahagia? Tentu. Meski bagaimana pun hasil pencapaian mereka saat itu. Namun, pernah berbincang dengan kawan yang mengatakan ‘untuk apa cepat wisuda kalo hasil ‘nggak maksimal’. Dan saya tidak sepakat dengan pendapatnya. Karean, bagaimanapun juga, sudah melewati satu tahap tertentu adalah lebih baik daripada belum (sama sekali) melewati tahap tersebut. Lebih baik. Terlebih jika masih banyak hal / pekerjaan yang harus dilakukan. Masa kuliah adalah masa persiapan. Dan tantangan sesungguhnya adalah masa-masa ketika kembali kepada masyarakat.

(Berlama di kampus juga menambah pengeluaran/ beban Negara. Namun untuk statemen ini saya kurang jelas pada pembahasannya.)

Sangat bahagia dan bangga tentunya jika mampu mengharubahagiakan ortu dengan memakai toga.

Maaf…tulisan ini sampai disini, tak sanggup rasanya menahan kerinduan masa-masa itu.

Komentar
  1. micelia mengatakan:

    insya Allah segera..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s