Batik

Posted: 20,Sep , 2010 in motivasi

Asalnya dari mana ya? Pulau Jawa mestinya namun tepat daerahnya kurang tahu. Dan seperti bahasa atau budaya, sifatnya hampir sama di beberapa tempat namun berbeda sedikit saja di beberpa tempat. Coraknya berbeda sedikit. Disini yang saya coba ulas adalah tentang aku dan batik.

Mula-mula pake batik waktu SD. Ada 2 buah saya ingat. Yang satu sering banget saya pake dan yang satu jarang banget saya pake. Yang sering saya pake warnanya coklat keabuan dengan corak kotak-kotak. Tanpa ukiran. Yang jarang saya pake adalah warna hijau kehitaman. Dengan corak/motif ukiran lingkaran-lingkaran seperti corak batik biasanya. Dan hingga kini, saya cenderung suka batik dengan warna lembut, terlebih corak sederhana tidak berupa corak melingkar-lingkar atau sejenisnya. Cukup berupa deretan kotak-kotak. Bukan batik motif orang tua gitu lah. Meskipun, inti dari batik adalah ukiran-ukiran padanya.

Saya kembali suka memakai batik adalah waktu kuliah. SMA memang ada batik yang dipakai rabu dan Kamis. Cuma hari itu saja saya pakai batik. Dan sekarang, lumayan banyak koleksi batik saya. Diantaranya dibeli dengan uang sendiri ketika terima gaji (sebuah kebiasaan saya membelikan barang tahan lama agar jadi kenang-kenangan gaji saya) dan beberapa diantaranya didapat karena menjadi panitia di acra walimah (nikahan) teman.

Batik dipakai di acara tertentu. Selain kuliah. Missal di seminar atau acara tertentu. Akhir September ini, batik saya pakai selain di lebaran adalah saat jadi moderator di reuni akbar SMA 1 Merangin atau SMA 5 Merangin Jambi reuni dua decade dan saat jadi moderator juga di silaturrahim dan pembentukan dewan alumni BEM KM Unand. Ini sekelumit, tentang aku dan batik. Bberapa bulan lalu, saya berniat mendirikan distro batik. Kalau pulang kampong, oleh beberapa kawan dibilang style saya ‘tua’ saat pakai batik. Barulah setelah saya jelaskan kenapa saya sering berpakaian rapi (kemeja) dan batik serta motif atau corak batik saya yang gak sembarangan, barulah dia angguk-angguk.

19/09/2010 di rumah sahabat, limau manih.

Tinggalkan Balasan

